MARKETING SYARIAH PEMBIAYAAN MURABAHAH BANK SYARIAH


Judul Buku :
Marketing Syariah Pembiayaan Murabahah Bank Syariah
Penyusun :
Aforisma Mulauddin, S.Kom., S.H., M.E.
Editor :
Ilham Choirul Fuad
Layout dan Desain :
Nasrudin, S.E.
Cetak : Kesatu, Oktober 2023
ISBN : 978-623-6938-15-7
Penerbit :
Al-Hidayah Press.
Halaman: 185 Hal
Jl. Raya Dramaga KM.7 No.29, RT.03/RW.02, Margajaya, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat 16116
Sinopsis
Produk pembiayaan yang dimiliki oleh bank syariah merupakan salah satu produk yang banyak diminati oleh nasabah, sehingga dalam memasarkan produk tersebut diperlukan suatu panduan agar kegiatan pemasarannya tidak berbenturan dengan nilai-nilai perbankan syariah.
Konsep Pemasaran alias Marketing Syariah merupakan perpaduan antara teori Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada unsur 4P (Price, Product, Promotion dan Place) dengan nilai-nilai Islam yang menjaga kegiatan Pemasaran suatu produk tetap memenuhi ajaran islam. Dalam Strategi Pemasaran pun dikenal dengan proses Segmenting, Targetting, Positioning dan Differenting (STPD), maka hal ini pun perlu panduan ajaran islam baik dalam menentukan Segmentasi Konsumen, membuat Target Pasar, Penempatan Produk di kalangan Masyarakat serta memilih kriteria berbeda dengan produk pesaing.
Marketing Syariah pada Produk Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah memberikan gambaran tentang hal yang perlu dijaga oleh Insan Syariah terutama yang berada di Lembaga yang mencerminkan nilai Syariah Islam dalam bidang Keuangan dan Perbankan.